Dana Darurat (Emergency Fund)

Spread the love
emergency fund

Dana darurat adalah sejumlah dana yang disimpan dan hanya dipakai disaat darurat untuk mengatasi masalah-masalah tidak terduga. Dana darurat atau emergency fund ini menjadi hal yang umum disarankan oleh para financial planner.

Dana darurat ini gunanya sangat besar bagi investor saham karena bisa memberikan ketenangan mental luar biasa menghadapi fluktuasi harga saham. Maka saya sangat merekomendasikan agar rekan-rekan investor memiliki dana darurat ini.

Berapa Jumlah Ideal Dana Darurat?

Jumlah ideal yang disarankan umumnya untuk orang Indonesia adalah sebesar biaya hidup selama 6 hingga 12 bulan. Sementara kalau kamu googling dengan keyword English, Emergency Fund, maka jawabannya adalah biaya hidup antara 3 hingga 6 bulan. Perbedaan itu bisa jadi karena di negara-negara yang pakai English itu social security nya lebih bagus daripada di negara yang pakai bahasa. Karena itu, sesuaikan dengan kondisi kamu. Kalau di Indonesia, 6-12 bulan jawabannya. Kalau kamu gak jelas di situasi mana, ambil saja jalan tengahnya yang sama, yaitu 6 bulan.

Di Mana Sebaiknya Menyimpan Dana Darurat?

Secara garis besar, dana darurat harus disimpan di tempat yang aman, mudah diakses tapi juga jauh dari jangkauan. Menyimpan dalam bentuk uang fisik (kertas dan koin) jelas tidak aman. Menyimpan dalam bentuk tabungan masih mudah diakses, apalagi tabungan BCA yang ATM nya ada di mana-mana dan banyak merchant yang menyediakan mesin debitnya. Menurut saya, menyimpan dalam bentuk deposito dengan tempo 1 bulan dan otomatis rollover adalah bentuk yang ideal. Jika deposito dalam tempo 3 bulan atau 6 bulan akan terlalu sulit untuk dijangkau.

Kalau mau lebih canggih sebenarnya ada pilihan lain, misal reksadana pasar uang, emas LM, dollar, dll. Tapi karena saya tidak begitu familiar jadi tidak bisa sarankan hal yang belum saya ketahui. Bagaimana dengan kamu? Jika ada yang berkenan share, silahkan comment di bawah ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *