PT Sri Rejeki Isman Tbk (“Sritex”), SRIL

Spread the love

PT Sri Rejeki Isman Tbk atau sering disikat dengan sebutan Sritex, atau kita singkat sebagai SRIL (agar seragam di ceksaham.com ini), mendapat penghargaan The IDX Best Blue 2017. Dari namanya sudah the best, jadi hanya untuk 1 perusahaan saja. Diberikan kepada perusahaan tercatat yang punya kinerja terbaik. Mantap kan?

Profil Singkat

SRIL adalah perusahaan textile yang terintegrasi secara vertikal. Sudah berdiri sejak 1966 di Sukoharjo dan terdaftar di BEI sejak Juni 2013. Berdasarkan informasi perusahaan, perusahaan adalah yang terbesar se-Asia Tenggara. Memiliki fasilitas produksi dari hulu ke hilir (terintegrasi vertikal), yaitu dari produksi benang, hingga pakaian jadi.

Kapasitas Produksi per tahun (2018):

  • Benang 1,100,000 bales
  • Kain Mentah (Putih Polos) 180 juta meter
  • Kain Jadi (Warna/Cetak) 240 juta yards
  • Pakaian Jadi 30 juta potong

Rasio Keuangan (based on LK Q3 2018)

Harga SahamRp 332
PE (Annualised)4.84x
EPS (Annualised)Rp 68.61
PBV0.91x
BVPSRp 365.24
ROA6.8%
ROE17.9%
EV/EBIT (TTM)6.63x
DividenRp 8

Catatan Tambahan

Total hutang berbunga SRIL adalah 703 juta USD (vs ekuitas perusahaan 486 juta USD).

Perusahaan yang rajin membagi dividen. Namun karena memiliki pernjanjian dengan surat hutangnya, ada batas dividen yang boleh diberikan kepada pemegang saham, yaitu maximum 15 juta USD.

Analisa Kinerja Perusahaan Terakhir

SRIL adalah perusahaan yang rajin berekspansi. Dilihat dari produknya yang merupakan kebutuhan pokok, dan profil customer yang terdiversifikasi dengan baik ke berbagai negara, boleh dianggap penjualan SRIL akan stabil dan tumbuh ke depannya.

Meskipun utang berbunga SRIL saat ini terlihat cukup besar, namun dari arah ekspansi perusahaan dapat kita lihat, pertumbuhan CAGR hutang berbunga nya adalah 10%, sementara pertumbuhan CAGR ekuitas adalah 24%. Jadi dalam jangka panjang rasio hutang ini akan semakin mengecil.

Dari sisi kemampuan perusahaan mencetak laba, peluang SRIL ke depannya cukup besar. Saat ini produk yang paling banyak dijual oleh perusahaan adalah benang yang memiliki nilai tambah sedikit. Menariknya, pakaian jadi yang memberikan nilai tambah dan margin yang lebih baik, angka pertumbuhan penjualannya tumbuh paling besar, dengan CAGR 26.79%. Dari sini, sudah terlihat bahwa tingkat keuntungan perusahaan akan terus meningkat ke depannya di tangan manajemen yang baik.

Kesimpulan saya adalah SRIL memang layak untuk diberi penghargaan The IDX Best Blue. Meskipun kondisi saat ini masih banyak hutang, namun manajemen SRIL memiliki manajemen kelas atas yang secara konsisten terus menumbuhkan perusahaan.

Risk 💀💀💀
Reward ⭐⭐⭐⭐⭐

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *