PT Sat Nusapersada Tbk, PTSN

Spread the love

Sejak 3 bulan lalu harga saham PT Sat Nusapersada Tbk (PTSN) ini sudah naik 300% lebih. Hal ini menarik saya untuk mencari tahu apa sih yang menjadi sebab kenaikan harga saham yang fantastis. Yah walaupun ketinggalan, tapi tetap bisa untuk bahan pelajaran.

Profil Singkat

PTSN merupakan usaha perakitan elektronik yang saat ini sudah memiliki klien-klien ternama skala global, seperti: Sony, Panasonic, JVCKENWOOD, EPSON, Erajaya (Smartphone Xiaomi), dan ASUS. Perusahaan sendiri sudah IPO sejak 08 Nopember 2007 namun baru-baru ini jadi tenar 😁

Rasio Keuangan (based on LK Q3 2018)

Harga SahamRp 1850
PE (Annualised)15.53x
EPS (Annualised)Rp 119
PBV 3.25x
BVPSRp 570
ROA3.2%
ROE15.3%
EV/EBIT (TTM)16.85x
DividenRp 0

Catatan Tambahan

PTSN hanya pernah membagikan satu kali dividen sejak IPO pada tanggal 12 Juni 2013 senilai Rp 1 per lembar. Setelah itu tidak pernah membagikan dividen lagi.

PTSN sendiri telah melakukan buyback sehingga memiliki saham treasury mencapai 20% dari total keseluruhan saham.

Analisa Kinerja Perusahaan Terakhir

Pada laporan keuangan terakhir yang dirilis terjadi kenaikan laba sebesar 390% secara QoQ. Lonjakan dari laba inilah yang tercermin di harga sahamnya yang juga melonjak sekitar 300%.

Melalui penelusuran ke laporan keuangan sebelumnya, maka diketahui ada lonjakan besar penjualan dari hanya salah satu klien yaitu Asus Global Pte Ltd (Singapore). Penjualan dari Asus ini sendiri mewakili 67.19% penjualan total PTSN. Dan jika ditelusuri lagi nama penjualan ke Asus ini baru dimulai sejak LK Q2 2018, di Q1 belum ada atau belum signifikan sehingga tidak dilaporkan dalam informasi segmen usaha.

Dan baru-baru ini perusahaan telah mengumumkan perolehan kontrak penting yaitu dengan Pegatron Corporation. Tentu saja hal ini adalah hal yang baik bagi PTSN dan akan memberikan peningkatan penjualan maupun laba usaha di masa mendatang. Namun setelah saya lihat di Wikipedia, ternyata Pegatron adalah anak perusahaan dari Asus juga, tepatnya AsusTek Computer (Taiwan).

Melihat valuasi saat ini yang diberikan oleh market tampaknya sudah cukup mahal, dan adanya resiko karena penjualannya terpusat hanya pada Group Asus, dan saham treasury yang mencapai 20% yang mana dapat dijual sewaktu-waktu jika perusahaan membutuhkan dana ……….maka menurut saya potensi risk and reward berinvestasi di saham ini cukup seimbang, atau yah… masih ada sedikit potensi tapi tidak cukup menarik. Untuk saat ini saya memutuskan untuk tidak berpartisipasi di PTSN.

Risk 💀💀
Reward ⭐⭐⭐

1 komentar tentang “PT Sat Nusapersada Tbk, PTSN”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *