LPCK, Saham Paling Murah Saat Ini

Spread the love

Lippo Cikarang Tbk dengan kode saham LPCK ini sudah listing di bursa saham sejak 1997. Sudah melewati 2 krisis finansial besar, Krisis Moneter dan Krisis Subprime Mortage yang berpusat di US. Setelah melewati 2 krisis besar tersebut kondisi perusahaan masih baik-baik saja dan masih terus tumbuh.

Pada 2015, harga saham LPCK sempat mencapai titik tertingginya yaitu Rp 12.400 / lembar. Dan dari puncaknya harga saham turun terus hingga saat ini hanya berkisar Rp 1.600 / lembar. Di sini menariknya… Dari data yang saya punya 10 tahun ke belakang, LPCK tidak pernah mengalami tahun rugi. Jadi sejak 2018 selalu mencetak laba. Menariknya lagi, ROE perusahaan berada di area tinggi, sekitar 30%+.

LPCK merupakan saham yang menawarkan peluang paling menarik saat ini. 

Saat ini valuasi LPCK ada di PBV 0.16 dan PER 0.41. Terlalu murah untuk perusahaan yang konsisten menghasilkan laba dengan average ROE 5 tahunnya setinggi 21.45%
Proyek Meikarta

Meskipun banyak dikelilingi masalah seputar “Meikarta” proyek terbesarnya saat ini, namun harga pasar saat ini sudah dalam level tidak wajar alias overreaction. Meikarta sendiri sudah tidak terkonsolidasi melalui anak perusahaan yang mewakili sekitar separuh dari nilai buku. Katakanlah Meikarta tidak sukses pun, masih ada margin of safety yang sangat tebal dari harga pasar sekarang. Dilihat dari umur perusahaan yang tidak muda dan telah melewati 2 krisis finansial, rasanya besar sekali peluang LPCK dapat melewati masa sulitnya. 

Terlepas dari tawaran yang sangat menarik yang ditawarkan oleh saham ini, jangan lupa untuk melakukan diversifikasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *