BORN, Borneo Lumbung Energi & Metal Tbk

Spread the love

Belakangan ini emiten ini jadi heboh ramai dibicarakan di salah satu forum karena dipromosikan secara masif oleh seorang / sekelompok orang. entah apa tujuannya, berikut saya paparkan 10 alasan untuk menghindari saham ini. Saham ini sedang disuspend oleh BEI, artinya BEI sudah berusaha melindungi investor ritel, namun kalau memang masih ngeyel memang bisa melakukan pembelian di transaksi nego.

1. equity negatif dan…………. parah -722,352,993$

2. penjualan dan margin fluktuatif. gross margin 2018 ini HANYA 0.8% (i wonder why)

3. gross margin nya saja sudah sekecil itu, apalagi netnya MINUS (padahal perusahaan batubara lain masih bisa untung ketika harga coal rendah)

4. perhatikan inventory nya yg semakin meningkat, artinya tidak bisa jual. apakah inventory nya real atau cuma di atas kertas?

5. katakanlah gross margin bisa membaik spt first half 2017, perlu berapa tahun utk kondisi seperti agar equity bisa nol atau positif?

6. segala keuntungan sewaktu equity negatif adalah milik creditor, bukan shareholder. mereka lebih senior dalam prioritas. apalagi non controlling shareholder, dapat gaji pun tidak.

7. katakanlah punya cadangan yg besar (170jt ton?), berapa keuntungan utk bisa mengubah dari dalam tanah hingga sampai menjadi penjualan dan dibayar oleh pelanggan.

8. dan perhatikan INVENTORY YANG TERUS MENINGKAT mengindikasi tidak bisa jual. jika keruk lebih banyak, biaya keruk makin besar dan tidak bisa jual, artinya??? rugi makin besar

9. ini saham suspend, pikirkan exit plan nya. sejelek2nya perusahaan rugi, kalau tidak suspend masih bisa cut loss.

10. and for God sake, i wish you all the best. saya doain investor bisa untung di emiten ini… semoga inventory itu benar adanya, semoga laporan eksplorasi itu benar adanya. kalau memang tidak bisa, semoga tidak bisa beli karena memang suspend, biar cuan di tempat yg benar saja.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *