BTON, Kesempatan Untuk Jual

Spread the love

Saya punya kisah menarik dengan saham BTON (PT Betonjaya Manunggal Tbk) ini. Jika dilihat dari sisi valuasi sudah sangat murah. Bahkan ketika saya membeli saham ini pihak perusahaan sedang ekspansi pabrik (sebelum stock split). Jadi saya nyangkut di saham ini lumayan lama (mungkin 5 tahun).

Dari sisi PBV rendah…
Dari sisi ROE tinggi… (saat saya beli)
Hutang nol…
Cash melimpah…

Jika dihitung-hitung dengan harga setelah stock split average saya ada di harga 160.26. Harga sempat bolak balik 200 lebih tapi saya tidak jual. Karena menurut saya masih rugi udah hold lama. Lagian valuasi murah, hanya butuh kesabaran untuk menunggu peluang baik.

EV chart for BTON (Betonjaya Manunggal Tbk)
EV chart for BTON (Betonjaya Manunggal Tbk)

Tau tidak, sangking murahnya… jika dilihat dari EV, perusahaan ini dijual dengan harga minus 25B (B = Billions atau Milyar)… Aneh kan? Kok bisa nilai perusahaan ini minus? artinya kalau beli perusahaan ini malah dapat 25B? Makanya saya sabar hold position terus… Saya tidak tahu kapan, tapi saya yakin suatu hari market will correct itself. Dan benar… dari -25B EV nya sempat naik jadi sekitar 115B… saya berhasil jual di harga 316, jika dihitung EV nya sekitar 104B… Saya tidak jual semua, saya sisakan hanya sedikit (500 lot) untuk penanda dan agar punya semangat memantau saham ini.

Harga beli: 160.26
Harga jual: 316
Profit: 155.74 (+97%)
CAGR: 14.5%

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *