PNBS Rugi Besar

Spread the love

PT. Bank Panin Dubai Syariah Tbk dengan kode saham PNBS baru saja merilis laporan keuangannya tanggal 2 Maret 2018, tepatnya 2 hari lalu dan di hari Jumat.

Berita yang keluar di hari Jumat, Sabtu, Minggu dan hari libur menurut saya dan berdasarkan pengalaman saya adalah berita yang harus dicerna baik-baik. Berita yang keluar di hari Jumat memberi waktu yang sangat singkat bagi pelaku pasar untuk bertindak karena market akan tutup weekend.

Berdasarkan laporan yang baru dirilis, PNBS mengalami kerugian luar biasa yaitu senilai 96.66 per saham. Harga sahamnya di pembukaan hari Jumat ini adalah 86 per lembar. Wow, bahkan kerugiannya lebih besar dari nilai saham per lembarnya. Harga ditutup di 82 per lembar (turun 5.74%) dan sekarang market sedang tutup, di weekend ini kita punya waktu untuk memikirkannya.

Saya berada di posisi tidak punya saham PNBS. Saham PNBS ini sebelumnya termasuk yang direkomendasikan oleh beberapa analis karena dijual di bawah nilai bukunya (sekitar 0.7x PBV). Normalnya ketika harga turun suatu saham menjadi lebih murah dan lebih menarik untuk dibeli. Maka mari kita lihat bersama apakah ada peluang baik untuk membeli PNBS di harga diskon ini?

  • Saya menggunakan PBV untuk mengukur seberapa murah suatu saham, harga nominal suatu saham sama sekali tidak bisa dijadikan patokan.
  • Karena rilis nya di Jumat, boleh dikatakan hampir semua pihak media, broker, forum belum merilis angka PBV yang baru. Kita harus melakukan sendiri.
  • Nilai Ekuitas Q4 2017 adalah 274.196.365.000 rupiah dan jumlah saham nya ada 10.088.335.256 lembar
  • BVPS = 274.196.365.000 / 10.088.335.256 = 27.17
  • PBV = 82 / 27.17 = 3.01x

Berdasarkan angka PBV 3.01x maka bisa disimpulkan harga saham 82 saat ini adalah harga premium terlebih mengingat kondisi perusahaan sedang merugi luar biasa. Bahkan jika harganya turun ke 50,- (nilai saham paling rendah di pasar reguler) masih juga saya rasa mahal.

Sebagai pembanding saya akan menampilkan PBV Bank lain yang lebih sehat dan lebih rendah:

  • BBRI 2.8x
  • BMRI 2.3x
  • BBNI 1.8x

Ini bukan ajakan untuk membeli ataupun menjual. Hanya berandai-andai jika saya sebelumnya memiliki saham PNBS, maka saya akan menjualnya dan menukarnya dengan yang lebih murah dan lebih bagus seperti 3 bank di atas. Justru saya akan berusaha menjual secepat mungkin sebelum angka PBV 3.01x tadi diketahui umum (saya tidak meremehkan orang lain tidak bisa mengetahui hal sepele ini, tapi ulasan bahwa PNBS sekarang makin murah bla bla bla… memang keluar di salah satu forum) dan selagi market masih memiliki harapan ini itu bahwa keadaan tidak seburuk itu (group Panin, biasanya untung, dll..).

Titik menarik bagi saya untuk membeli PNBS saat ini adalah di PBV 0.2x. Jadi sekitar 5 rupiah.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *